TINGKAT VALIDITAS LKS BERBASIS MASALAH DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS XI

  • Belinda Puspitaningrum Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Singgih Bektiarso Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Dalam pembelajaran sains diharapkan peserta didik memiliki kemampuan abad ke 21 meliputi keterampilan menyelesaikan masalah, kreatif, inovatif serta dapat berkomunikasi bersama orang lain dengan baik. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan proses pembelajaran yang sesuai. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu bahan ajar yang digunakan. Materi pemanasan global merupakan materi yang memiliki karakter berupa bacaan. Peserta didik hanya sekedar tau tetapi tidak dapat menjelaskan secara detail dampak pemanasan global. Maka dari itu dikembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah dengan mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji validitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah dengan mind mapping. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan desain Nieveen yang terdiri atas (1) preliminary research, (2) protoryping stage, (3) assessment stage. Teknik analisis data berdasarkan hasil pengumpulan data adalah data kuantitatif yang diperoleh dari validator dan dianalisis secara deskriptif dengan menelaah hasil penilaian terhadap produk LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data untuk melihat validiatas lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah dengan mind mapping diperoleh hasil total setiap aspek (Va) adalah 4,13 termasuk kedalam kategori valid dengan skor rata-rata tiap aspek validasi yaitu: konstruk sebesar 4,28, pembaharuan sebesar 4,00, kebutuhan sebesar 3,82 dan bahasa sebesar 4,43.

Published
2019-01-07
How to Cite
PUSPITANINGRUM, Belinda; BEKTIARSO, Singgih; MARYANI, Maryani. TINGKAT VALIDITAS LKS BERBASIS MASALAH DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS XI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 45-49, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9381>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.