PEMANFAATAN GADGET SEBAGAI PENUNJANG BELAJAR DALAM PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) DI SD

  • Cristiyana Syaifullah universitas jember
  • Arik Aguk Wardoyo
  • Kendid Mahmudi
  • Husnul Istiqomah Universitas Jember

Abstract

Gadget adalah suatu perangkat atau alat yang dirancang dengan teknologi canggih dan memiliki fungsi yang lebih spesifik dan praktis serta memudahkan penggunanya. Penggunaan teknologi untuk keperluan yang akan dihadapi dalam perkembangan zaman pada dunia pendidikan. Tujuannya agar belajar menggunakan gadget lebih menarik dan menyenangkan, pada handphone peserta didik dapat diisi dengan Animasi Stop Motion sebagai media belajarnya, karena bisa menyesuaikan dengan dunia anak-anak yaitu animasi dan film edukatif yang mendukung tentang materi disekolah. Merode yang digunakan adalah Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan sebuah masalah tentang kemampuan anak dalam penggunaan media belajar berupa gadget. Hasil dari data penelitian yang dilakukan akan diperoleh dua jenis data yaitu kuantitatif dan data kualitatif.. Hasilnya peserta didik dapat mengoperasikan handphone mereka untuk mencari contoh-contoh soal di internet untuk persiapan Ujian Nasional (UN). Kesimpulannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebuah keperluan yang dihadapi pada pendidikan sekolah, guru juga diharuskan untuk mengikuti perkembangan dari teknologi untuk pendukung pada pembelajaran. Jadi peserta didik dapat menggunakan gadget dengan benar dan bermanfaat untuk proses belajar, sehingga efek negatif dari penggunaan gadget dapat dihindari

Published
2018-12-28
How to Cite
SYAIFULLAH, Cristiyana et al. PEMANFAATAN GADGET SEBAGAI PENUNJANG BELAJAR DALAM PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) DI SD. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 160-164, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9380>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.