PENANAMAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD

  • Eka Kusuma Hadi Bagus Hanafi universitas jember
  • Aprida Sayekti
  • Mutmainah Mutmainah
  • Pungky Guruh Maulana
  • Debi Kumala Indah Aprilia
  • Kendid Mahmudi

Abstract

Karakter adalah watak sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku dan tabiat yang dimiliki manusia. Karakter terbentuk atau terjadi karena melalui suatu kebiasaan-kebiasaan manusia. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terbentuk karena suatu peristiwa yang dialami oleh manusia. Karakter dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya melalui pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu wadah dalam mengembangkan suatu karakter siswa. Dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terdapat nilai nilai pancasila yang akan membentuk kepribadian individu yang lebih baik. Penanaman karakter dapat dibentuk dengan berbagai cara misalkan seperti Tri Pusat Pendidikan dari Ki Hajar Dewantara yang mencangkup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat, pendidik memberikan teladan yang baik bagi peserta didik, dan banyak cara lainnya. 

Published
2018-12-28
How to Cite
BAGUS HANAFI, Eka Kusuma Hadi et al. PENANAMAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 147-154, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9378>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.