PENGGUNAAN APLIKASI (E-LEARNING) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SDN DABASAH I BONDOWOSO

  • Nisa Ashfal Ashfia universitas jember
  • Dyah Ayu Puspitaningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah yang telah diperoleh oleh siswa dari penggunaan aplikasi (E-Learning) melalui jaringan multimedia di salah satu SD yang terletak di Bondowoso dalam proses pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kantor SDN Dabasah I. Metode penelitian yang kita gunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian yang kami peroleh yakni melalui wawancara dengan beberapa orang sebagai informan, melalui observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengatakan bahwa penggunaan aplikasi (E-Learning) pada sekolah mereka adalah sebagai fasilitas penunjang pembelajaran IPS di SDN Dabasah I. Fungsi dari penggunaan aplikasi tersebut ialah sebagai sarana PBM agar lebih menarik dan siswa menjadi interaktif yang mana siswa akan mampu mengasah pemikiran mereka dengan cara berdiskusi terhadap antar teman yang lain. Dengan adanya aplikasi (E-Learnign) tersebut siswa mendapatkan nilai tambah tersendiri yakni, pertama mereka bisa up to date informasi dan materi pembelajaran terkini dengan akses yang begitu mudah dan cepat, kedua siswa memiliki nilai ketampilan di dalam proses pembelajaran, ketiga siswa lebih aktif dan bersemangat di dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS.

Published
2018-12-28
How to Cite
ASHFIA, Nisa Ashfal; PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu. PENGGUNAAN APLIKASI (E-LEARNING) DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SDN DABASAH I BONDOWOSO. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 135-146, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9377>. Date accessed: 25 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.