KEMAMPUAN MENYELESAIKAN WELL STRUCTURED PROBLEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI TEORI RELATIVITAS DI SMA

  • Lupita Rahayu Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Bambang Supriadi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Proses pembelajaran fisika memerlukan kemampuan intelektual. Indikator dari perilaku intelektual adalah kemampuan menyelesaikan masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan keterampilan intelektual yang di nilai sebagai hasil belajar yang penting dan signifikan dalam proses pembelajaran. Dengan mengetahui kemampuan menyelesaikan masalah maka siswa bisa menilai diri sebagai motivasi untuk berubah menjadi yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dn wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA. Intrumen test yang digunakan adalah tes berbentuk soal well structured problem.hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan well structured problem pada indicator mengenali masalah sebanyak 41% mampu mengenali masalah dengan sangat baik. Pada indicator merencanakan strategi 28,43 mampu menerapkan strategi dengan baik. Pada indicator menerapkan strategi 10,78% siswa yang mampu menerapkan strategi dengan kategori cukup. Dan hanya 0,98% siswa yang mampu menyelesaikan masalah dengan kategori kurang.

Published
2019-01-07
How to Cite
RAHAYU, Lupita; PRASTOWO, Sri Handono Budi; SUPRIADI, Bambang. KEMAMPUAN MENYELESAIKAN WELL STRUCTURED PROBLEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI TEORI RELATIVITAS DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 40-44, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9376>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.