INOVASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 DALAM MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI KUPANG 1
Abstract
Perkalian merupakan operasi suatu bilangan yang dilipatgandakan sesuai dengan bilangan pengalinya. Pembelajaran perkalian yang diajarkan oleh guru dinilai berhasil jika seluruh siswa dapat memahami dan mengimplementasikan konsep perkalian untuk memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan perkalian. Di SDN Kupang 1 pembelajaran perkalian pada kelas 3 dinilai belum berhasil karena 80% siswanya belum memahami konsep perkalian dan juga tidak dapat menyelesaikan soal perkalian yang diberikan sedangkan guru hanya memberikan soal perkalian yang lebih sulit dari sebelumnya tanpa memperhatikan tingkat pemahaman siswa. Sehingga untuk menyelesaikan soal yang diberikan siswa selalu bergantung pada tabel perkalian yang tersedia di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa agar tidak selalu bergantung pada tabel perkalian. Dalam penelitian ini penulisan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diselingi dengan tes. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran take and give dan diajarkan menghitung perkalian menggunakan jari tangan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran take and give dalam pembelajaran dapat mengurangi ketergantungan siswa terhadap penggunakan tabel perkalian.