INOVASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 DALAM MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI KUPANG 1

  • Feby Zakina universitas jember
  • Asri Lutfiati

Abstract

Perkalian merupakan operasi suatu bilangan yang dilipatgandakan sesuai dengan bilangan pengalinya. Pembelajaran perkalian yang diajarkan oleh guru dinilai berhasil jika seluruh siswa dapat memahami dan mengimplementasikan konsep perkalian untuk memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan perkalian. Di SDN Kupang 1  pembelajaran perkalian pada kelas 3 dinilai belum berhasil karena 80% siswanya belum memahami konsep perkalian dan juga tidak dapat menyelesaikan soal perkalian yang diberikan sedangkan guru  hanya memberikan soal perkalian yang lebih sulit dari sebelumnya tanpa memperhatikan tingkat pemahaman siswa. Sehingga untuk menyelesaikan soal yang diberikan siswa selalu bergantung pada tabel perkalian yang tersedia di kelas.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa agar tidak selalu bergantung pada tabel perkalian. Dalam penelitian ini penulisan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diselingi dengan tes. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini  yaitu dengan menggunakan model pembelajaran take and give  dan diajarkan menghitung perkalian menggunakan jari tangan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran take and give dalam pembelajaran dapat mengurangi ketergantungan siswa terhadap penggunakan tabel perkalian.

Published
2018-12-28
How to Cite
ZAKINA, Feby; LUTFIATI, Asri. INOVASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 DALAM MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI KUPANG 1. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 131-134, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9375>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.