ANALISIS KOMPARASI SOAL UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR (2011-2017) TERHADAP SOAL OLIMPIADE (IMSO) TAHUN 2006 – 2017
Abstract
Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi suatu permasalahan yang sulit untuk dikembangkan bagi seorang guru, karena tidak semua guru memiliki keinginan untuk mengembangkan diri dalam hal berpikir kritis. Dalam soal IMSO (International Mathematics Science Olimpiod) dapat menjadikan acuan siswa mampu berpikir kritis.Penilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitiatif yang diemplementasikan pada perbandingan yang dilakukan pada soal Ujian Nasional dengan soal IMSO dimana dalam soal tersebut terdapat kriteria kriteria yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Soal Ujian Nasional SD dan Soal IMSO memiliki kriteria berpikir kritis yang berbeda, ini dilihat dari tingkat kesulitan soal yaitu pada soal Ujian Nasional SD kriteria kesulitan hanya C1,C2, dan C3 sedangkan pada Soal IMSO terdapat tingkat kesulitan soal dari C4,C5, dan C6.