PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 “PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN SUKOJEMBER 03 JEMBER

  • Kurnia Tri Handayani universitas jember
  • Devi Fitria Wahyuningtyas
  • Ratih Novitasari

Abstract

Fenomena yang terjadi pada saat ini, banyak sekali siswa sekolah dasar yang mulai luntur karakter disiplin dan bertanggungjawabnya. Bentuk menurunnya sikap disiplin siswa tersebut terbukti dengan perilaku siswa yang mulai meremehkan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan mulai terlambat untuk datang ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil penanaman nilai karakter dalam pembelajaran tematik melalui media audio visual dan melihat penerapan nilai karakter disiplin dan bertanggungjawab siswa di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Populasi dan sampel yang di ambil untuk penelitian ini yaitu siswa kelas 4 yang berjumlah 20 anak di SDN Sukojember 03 Jember. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa dapat menerapkan nilai karakter disiplin dan bertanggungjawab di sekolah sebagai hasil dari penanaman pembelajaran tematik melalui media visual yang dilaksanakan di SDN Sukojember 03. Kendala yang dialami dalam penelitian ini yaitu kesulitan dalam pemantauan secara langsung di sekolah karena keterbatasan waktu peneliti. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu bekerjasama dengan guru untuk melihat perubahan karakter pada siswa.

Published
2018-12-28
How to Cite
HANDAYANI, Kurnia Tri; WAHYUNINGTYAS, Devi Fitria; NOVITASARI, Ratih. PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 “PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN SUKOJEMBER 03 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 108-114, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9372>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.