EFEKTIFITAS MEDIA POSTER HEMAT ENERGI TERHADAP PENGGUNAAN LAMPU DI SDN 2 SUKOREJO BANYUWANGI

  • Ratri Cahyaning Putri Wardany universitas jember
  • Oktyas Wahyu Kurniawati
  • Nurul Fajriyah

Abstract

Media dalam proses pembelajaran saat ini masih cenderung membosankan dan belum memanfaatkan teknologi. Masuk Pak Eko (Media Suara Papan Perkalian Edukasi dan Komunikatif) merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang telah menggunakan basis teknologi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDN 3 Semboro Jember, penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa untuk belajar perkalian tanpa adanya pemaksaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 03 Semboro Jember yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media masuk pak eko dapat diterima oleh baik oleh siswa SDN 03 Semboro, karena media ini memiliki konsep sesuai dengan kemajuan teknologi. Selain itu, juga dapat memotivasi guru untuk lebih kreatif untuk membuat media, serta memotivasi siswa untuk terus belajar materi perkalian.

Published
2018-12-28
How to Cite
WARDANY, Ratri Cahyaning Putri; KURNIAWATI, Oktyas Wahyu; FAJRIYAH, Nurul. EFEKTIFITAS MEDIA POSTER HEMAT ENERGI TERHADAP PENGGUNAAN LAMPU DI SDN 2 SUKOREJO BANYUWANGI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 101-107, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9371>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.