METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN KUPANG CURAHDAMI BONDOWOSO

  • Irmadani Pratiwi universitas jember
  • Dyah Ayu Puspitaningrum

Abstract

Pembelajaran yang Menggunakan Role Playing adalah salah satu cara penguasaan bahan – bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik. Imajinasi dan pengahyatan itu dilakukan peserta didik dengan memerankan sebagai tokoh yang akan diperagakan.  Penelitian ini menggunakan  proses pembelajaran dengan pendekatan Role Playing di SDN Kupang Curahdami, Bondowoso dikelas rendah. Penelitian deskriptif kualitatif digambarkan dengan sesuatu gejala sosial. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang telah menyelidiki suatu objek yang tidak dapat diukur dengan angka dan besifat eksak. Kualitatif juga bisa bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan sebuah analisis melalui pendekatan induktif. Deskriptif kualitatif memiliki tujuan untuk medapatkan gambaran yang seutuhnya sebagai pandangan manusia yang teliti. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari belajar melalui pendekatan Role Playing mengalami peningkatan.

Published
2018-12-28
How to Cite
PRATIWI, Irmadani; PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu. METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN KUPANG CURAHDAMI BONDOWOSO. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 84-91, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9369>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.