METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SDN KUPANG CURAHDAMI BONDOWOSO
Abstract
Pembelajaran yang Menggunakan Role Playing adalah salah satu cara penguasaan bahan – bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik. Imajinasi dan pengahyatan itu dilakukan peserta didik dengan memerankan sebagai tokoh yang akan diperagakan. Penelitian ini menggunakan proses pembelajaran dengan pendekatan Role Playing di SDN Kupang Curahdami, Bondowoso dikelas rendah. Penelitian deskriptif kualitatif digambarkan dengan sesuatu gejala sosial. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang telah menyelidiki suatu objek yang tidak dapat diukur dengan angka dan besifat eksak. Kualitatif juga bisa bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan sebuah analisis melalui pendekatan induktif. Deskriptif kualitatif memiliki tujuan untuk medapatkan gambaran yang seutuhnya sebagai pandangan manusia yang teliti. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari belajar melalui pendekatan Role Playing mengalami peningkatan.