PERMAINAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH SD KUPANG BONDOWOSO

  • Desi Ayu Ating universitas jember
  • Dyah Ayu Puspitaningrum

Abstract

Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca pada anak yaitu dengan cara menggunakan media permainan dengan memilih media seperti membuat puzzle. Media puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan bongkar pasang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Deskriptif Kualitatif. Diskriptif kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif  yang berupa kata-kata penulis ataupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati untuk diarahkan pada latar dan individu secara holistic. Penelitian ini memiliki tujuan agar lebih mengenal lingkungan dan dapat terjun langsung ke lapangan. (Lexy J. Moleong. 2002). Dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media puzzel merupakan solusi yang paling tepat dan efektiv untuk meningkatkan minat baca siswa kelas rendah  di SD Kupang Bondowoso. Dengan menggunakan media puzzel ini membuat siswa lebih tertarik untuk membaca karena dapat membuat puzzel sesuai karakter siswa kelas rendah seperti puzzel yang memiliki tema hewan, kartun, maupun tentang budaya di Indonesia. Pasti dengan menggunakan beberapa tema tersebut membuat siswa SD Kupang lebih semangat untuk membaca.

Published
2018-12-28
How to Cite
ATING, Desi Ayu; PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu. PERMAINAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH SD KUPANG BONDOWOSO. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 74-83, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9368>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.