GUBERNUR (LAGU BERMAIN UNTUK BELAJAR) SEBAGAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD

  • Danu Fatkhur Rizal universitas jember
  • Nafila Nur Amaliah

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pembelajaran bahasa inggris untuk anak SD. Pada jaman milenial seperti sekarang, bahasa inggris sangat dibutuhkan. Bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan secara internasional , artinya bahasa inggris berguna sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat global. Dapat dikatakan, bahasa inggris adalah bahasa yang mendunia dimana bahasa ini tidak hanya digunakan dalam bidang komunikasi namun juga digunakan dalam penyampaian ilmu pengetahuan.  Selain itu, bahasa inggris juga berperan penting dalam dunia kerja dimana banyak perusahaan yang menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki karyawannya. Melihat hal tersebut, bahasa inggris perlu diajarkan kepada anak SD untuk bekal baginya di masa depan. Masa anak- anak adalah masa yang produktif, anak pada usia 6-12 tahun kemampuan intelektualnya sudah dapat berfungsi dengan baik sehingga mereka dapat menyerap pelajaran secara optimal. Namun dalam kenyataanya, anak-anak SD (terutama di kelas rendah) malas untuk belajar bahasa inggris dengan alasan bahasa inggris sulit untuk dipelajari. Rasa malas tersebut dapat menjadi salah satu faktor anak tidak dapat menyerap dengan baik apa yang diajarkan. Anak sesuasia SD memiliki karakter yang jauh berbeda dengan orang dewasa, untuk itu pembelajaran yang diberikan hendaknya sesuai dengan karakteristiknya. Artikel ini memberikan cara unik, kreatif dan inovatif dalam mengajarkan bahasa inggris pada anak SD (khususnya kelas rendah) yaitu melalui GUBERNUR (laGU BERmain uNtUk belajaR). Dalam melaksanakan GUBERNUR digunakan metode penelitian. Menggunakan GUBERNUR akan membawa murid ke dunia yang sesuai dengan karakteristiknya yaitu belajar dengan suasana asyik dan menyenangkan namun edukatif. Pembelajaran GUBERNUR ini dapat membantu guru untuk mengajarkan bahasa inggris yang menarik melalui lagu, sehingga anak akan mudah ingat dan mudah menerima pembelajaran bahasa inggris. Lagu yang disajikan merupakan lagu yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa.

Published
2018-12-28
How to Cite
RIZAL, Danu Fatkhur; AMALIAH, Nafila Nur. GUBERNUR (LAGU BERMAIN UNTUK BELAJAR) SEBAGAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 56-64, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9366>. Date accessed: 18 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.