PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MELALUI CERITA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS 1A SDN KARANGREJO 02 JEMBER
Abstract
Penelitian ini menunjukkan gambaran pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI dengan inovasi materi dalam bentuk cerita serta berbantuan media pembelajaran berupa benda-benda konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden pada penelitian ini terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi kegiatan siswa saat pembelajaran berlangsung serta dokumentasi hasil latihan soal siswa. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah siswa dapat mengerjakan soal bangun ruang dengan baik hal ini sesuai dengan nilai rata-rata terakhir siswa yang melebihi dari KKM yakni 77 sehingga, nilai siswa dikategorikan baik. Siswa juga belajar secara kelompok untuk belajar bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan.