PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI ALTERNATIF PENANAMAN KESADARAN LINGKUNGAN

  • Putri Aprilia Wulandari universitas jember
  • Nabila Agata Amalia

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup penting diajarkan sejak dini pada murid SD untuk memperoleh pengetahuan, kesadaran dan mempunyai sikap atau perilaku peduli lingkungan. Manusia harus menjaga dan melestarikan alam, karena keberadaan sumber daya alam semakin terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu research library (studi kepustakaan). Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Pendidikan lingkungan hidup adalah usaha melestarikan lingkungan dengan mengajarkan di sekolah secara formal, penurunan kualitas lingkungan terjadi karena kelalaian, ketidaktahuan dan tiadanya kepedulian pada lingkungan. Dengan kecakapan guru IPS dalam mengintegrasikan dalam bahasan IPS sebagai pembelajaran yang efektif  juga guru harus menguasai konsep dasar pengetahuan lingkungan dan konsep dasar manusia. Hal tersebut diperlukan karena tujuan utama Pendidikan Lingkungan Hidup yaitu untuk mengubah pola perilaku manusia dalam  masyarakat. Penanaman mengenai kesadaran sosial tentang lingkungan yang seharusnya diberikan pemahaman kepada anak sekolah dasar agar perilaku kepedulian lingkungan melekat pada individu.

Author Biography

Nabila Agata Amalia

Pendidikan Lingkungan Hidup penting diajarkan sejak dini pada murid SD untuk memperoleh pengetahuan, kesadaran dan mempunyai sikap atau perilaku peduli lingkungan. Manusia harus menjaga dan melestarikan alam, karena keberadaan sumber daya alam semakin terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu research library (studi kepustakaan). Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Pendidikan lingkungan hidup adalah usaha melestarikan lingkungan dengan mengajarkan di sekolah secara formal, penurunan kualitas lingkungan terjadi karena kelalaian, ketidaktahuan dan tiadanya kepedulian pada lingkungan. Dengan kecakapan guru IPS dalam mengintegrasikan dalam bahasan IPS sebagai pembelajaran yang efektif  juga guru harus menguasai konsep dasar pengetahuan lingkungan dan konsep dasar manusia. Hal tersebut diperlukan karena tujuan utama Pendidikan Lingkungan Hidup yaitu untuk mengubah pola perilaku manusia dalam  masyarakat. Penanaman mengenai kesadaran sosial tentang lingkungan yang seharusnya diberikan pemahaman kepada anak sekolah dasar agar perilaku kepedulian lingkungan melekat pada individu.

Published
2018-12-28
How to Cite
WULANDARI, Putri Aprilia; AMALIA, Nabila Agata. PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI ALTERNATIF PENANAMAN KESADARAN LINGKUNGAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 36-43, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9363>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.