DESAIN GAME EDUKASI BONGKAR PASANG

  • Kristina Damayanti universitas jember
  • Charorosey Liean Levinsun

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak siswa yang kurang mengetahui budaya yang ada di daerahnya. Hal ini memyebabkan lunturnya budaya daerah salah satunya yaitu permainan tradisional Bongkar Pasang. Bongkar Pasang merupakan salah satu permainan tradisional yang banyak digemari oleh anak-anak terutamanya pada anak perempuan. Kurangnya minat terhadap permianan ini disebabkan anak lebih menyukai permaianan modern seperti game online. Penelitian ini bertujuan untukĀ  mendesain game edukasi Bongkar Pasang pada pembelajaran IPS, melalui penelitian ini diharapkan dapat mengenalkan budaya adat Jawa seperti pakaian adat, makanan daerah dan rumah adat. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Desain model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan model produk tiga dimensi. Hasil penelitian dari penelitian ini ialah pembuatan desain bongkar pasang yang bertemakan adat daerah ini terdiri dari pakaian adat dan makanan daerah.

Published
2018-12-28
How to Cite
DAMAYANTI, Kristina; LEVINSUN, Charorosey Liean. DESAIN GAME EDUKASI BONGKAR PASANG. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 28-35, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9362>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.