PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE OUT DOOR ACTIVITY DI KELAS 1 SDN KARANGREJO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Siti Oktafiani universitas jember
  • Fajar Surya Hutama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran di luar kelas. Tempat dan waktu penelitian yaitu di SDN Karangrejo 1 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Karangrejo 1 Jember berjumlah 28 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, satu siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulannya yaitu metode outdoor activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2018-12-28
How to Cite
OKTAFIANI, Siti; HUTAMA, Fajar Surya. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE OUT DOOR ACTIVITY DI KELAS 1 SDN KARANGREJO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 10-16, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9360>. Date accessed: 23 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.