IDENTIFIKASI KINEMATIKA DI JALUR B-29 LUMAJANG PADA KONSEP FISIKA MELALUI RANCANGAN LKS FISIKA SMA

  • Eka Badhik Junia Nisma Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Saat ini banyak bahan ajar yang telah berhasil dikembangkan. Namun pengembangan bahan ajar tersebut sebagian besar mengkaji fenomena-fenomena fisika dari kehidupan sehari-hari yang kurang meninjau data sesuai fakta yang ada di lapangan. Sumber bahan ajar yang dikembangkan diintegrasi bidang ilmu lain, sehingga konsep-konsep fisika yang seharusnya ada menjadi tidak tersampaikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengkaji data sesuai keadaan yang ada dilapangan, kemudian data-data yang diperoleh dijadikan rancangan Lembar Kerja Siswa yang kontekstual. Penelitian ini mengkaji materi kinematika dengan menggunakan kearifan lokal yang ada di B-29 Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan desain penelitian descriptive analitys. Hasil penelitian yang diperoleh berupa data-data besaran dalam kinematika yang memanfaatkan kearifan lokal B-29 Lumajang. Terdapat 3 jalur identifikasi yang terdiri dari jalur lintasan lurus, lintasan menurun dan lintasan melingkar. Ketiga hasil identifikasi kemudian dijadikan bahan utama rancangan Lembar Kerja Siswa kelas X SMA untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep Kinematika.

Published
2019-01-07
How to Cite
NISMA, Eka Badhik Junia; SUBIKI, Subiki; ASTUTIK, Sri. IDENTIFIKASI KINEMATIKA DI JALUR B-29 LUMAJANG PADA KONSEP FISIKA MELALUI RANCANGAN LKS FISIKA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-39, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9358>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.