PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DISERTAI CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • Desita Sholikhatul Ummah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pengembangan dalam bentuk modul kontekstual disertai concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Nieveen (2006) tahapannya meliputi: (1) Preliminary research, (2) Prototyping stage, dan (3) Assesment stage (summative evaluation) instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli diperoleh bahwa kategori validitas berada pada tingkat validitas sangat valid dengan koefisien realibilitas sebesar 96,60% dan hasil analisis validasi pengguna diketahui bahwa kategori validitas yang diperoleh adalah sangat valid dengan koefisien realibilitas sebesar 85,71%. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran kontekstual concept mapping yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan guru, sehingga modul pembelajaran kontekstual concept mapping termasuk kategori praktis sebagai bahan ajar pada materi listrik statis. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain adalah 0,643 yang berada dalam kategori sedang.

Published
2019-01-07
How to Cite
UMMAH, Desita Sholikhatul; PRASTOWO, Sri Handono Budi; SUBIKI, Subiki. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DISERTAI CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 26-31, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9357>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.