PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DISERTAI CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pengembangan dalam bentuk modul kontekstual disertai concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Nieveen (2006) tahapannya meliputi: (1) Preliminary research, (2) Prototyping stage, dan (3) Assesment stage (summative evaluation) instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli diperoleh bahwa kategori validitas berada pada tingkat validitas sangat valid dengan koefisien realibilitas sebesar 96,60% dan hasil analisis validasi pengguna diketahui bahwa kategori validitas yang diperoleh adalah sangat valid dengan koefisien realibilitas sebesar 85,71%. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran kontekstual concept mapping yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan guru, sehingga modul pembelajaran kontekstual concept mapping termasuk kategori praktis sebagai bahan ajar pada materi listrik statis. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain adalah 0,643 yang berada dalam kategori sedang.