APLIKASI PAPARAN MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP NILAI DERAJAD KEASAMAN (pH) TAPE SINGKONG

  • Isnaini Kurnia Sari Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Meningkatnya jumlah penggunaan peralatan elektronik dalam kehidupan sehari-hari berdampak pada meningkatnya intensitas paparan gelombang elektromagnetik di lingkungan. Menanggulangi hal tersebut para peneliti mulai melakukan penelitian memanfaatkan radiasi gelombang elektromagnetik ELF di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pangan berfermentasi seperti olahan tape. Tape yang beredar di pasaran terkadang masih memiliki kekurangan, diantaranya rasa yang terlalu masam, tekstur yang lembek dan berair, serta bau alkohol yang menyengat. Melalui pengontrolan nilai pH dan laju perkembangan mikroba diharapkan dapat meningkatkan kualitas rasa, aroma, dan tekstur yang baik bagi tape. Salah satu solusi untuk dapat melakukan pengontrolan pH yaitu dengan memanfaatkan radiasi gelombang elektromagnetik ELF intensitas 300 µT dalam pengolahan dan pengawetan tape fermentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan penentuan kelompok sampel dipilih secara acak (randomized subjects post test only control group design). Kelompok eksperimen dalam penelitian ini diberi paparan  medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) intensitas 300 µT dengan lama paparan 30’ dan pengambilan data dilakukan pada saat jam ke-44, 48, 52, 56, dan 72 setelah peragian. Paparan medan magnet ELF berpengaruh terhadap nilai  pH tape singkong, dimana tape singkong yang dipapar medan magnet ELF mengalami penurunan pH yang tidak begitu signifikan sehingga tidak mudah basi dan lebih tahan lama.

Published
2019-01-07
How to Cite
SARI, Isnaini Kurnia; SUDARTI, Sudarti; PRASTOWO, Sri Handono Budi. APLIKASI PAPARAN MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP NILAI DERAJAD KEASAMAN (pH) TAPE SINGKONG. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 19-25, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9356>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.