PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK DAN pH SUSU SAPI SEGAR

  • Nelly Nur Ayu Muharromah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sudarti Sudarti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) merupakan spektrum gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi kurang dari 300 Hz dan tergolong radiasi non-ionizing. Medan magnet ELF dapat dimanfaatkan dalam bidang pangan sebagai pengawetan. Susu sapi segar termasuk bahan pangan yang tidak bertahan lama di suhu ruang karena terdapat bakteri yang mengubah komposisi laktosa menjadi asam laktat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) terhadap nilai pH susu sapi segar selama 12 jam setelah diperah. Penelitian menggunakan 10 sampel untuk masing-masing kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dipapar medan magnet ELF dengan intensitas 800 μT selama 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan medan magnet ELF intensitas 800 μT selama 45 menit berpengaruh terhadap pH susu sapi segar. Nilai pH kelompok eksperimen dimulai 3 jam sampai 9 jam setelah susu sapi diperah memiliki nilai pH yaitu 6,64-6,48 yang sesuai dengan syarat mutu yang telah diatur oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN), sedangkan pada kelompok kontrol nilai pH yang sesuai dengan standarisasi yaitu dari 3 jam sampai 8 jam setelah diperah yaitu 6,61-6,49. Keadaan fisik susu sapi selama 12 jam pada kelompok kontrol dan eksperimen tidak terjadi perubahan tekstur dan warna, namun pada 5 jam setelah diperah terdapat perubahan aroma pada kelompok kontrol sedangkan pada kelompok eksperimen beraroma khas susu sapi segar.

Published
2019-01-07
How to Cite
MUHARROMAH, Nelly Nur Ayu; SUDARTI, Sudarti; SUBIKI, Subiki. PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK DAN pH SUSU SAPI SEGAR. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 13-18, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9355>. Date accessed: 18 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.