TINGKAT MISKONSEPSI SISWA SMAN JEMBER KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI PENDEKATAN REPRESENTASI MATEMATIK TERINTEGRASI CRI

  • Zulfi Anggraini Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Alex Harijanto Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Miskonsepsi adalah salah konsep yang menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pngertian yang diterima para pakar dalam bidang itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal momentum dan impuls melalui pendekatan representasi matematik terintegrasi CRI (Certainly ofResponse Index). Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN Kabupaten Jember.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan representasi matematik terintegrasi CRI. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,persentase miskonsepsi siswa di SMAN Kabupaten Jember kelas X IPA pada materi momentum dan impuls melalui pendekatan representasi matematik terintegrasi CRI yaitu sebesar 20,07%. Hal tersebut termasuk dalam kategori (Hampir Sangat Yakin), artinya nilai yang diperoleh oleh siswa benar-benar berdasarkan pemahaman materi dengan benar.

Published
2019-01-07
How to Cite
ANGGRAINI, Zulfi; MAHARDIKA, I Ketut; HARIJANTO, Alex. TINGKAT MISKONSEPSI SISWA SMAN JEMBER KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI PENDEKATAN REPRESENTASI MATEMATIK TERINTEGRASI CRI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 6-12, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9353>. Date accessed: 20 may 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.