APLIKASI KAPASITANSI METER DISERTAI SISTEM DATA LOGGER BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK UJI TINGKAT KEMATANGAN BUAH PISANG

  • Hidriyatur Rizza Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Handono Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Pengukuran merupakan proses membandingkan suatu besaran yang tidak diketahui nilainya dengan besaran lain yang  memiliki nilai. Pengukuran bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sifat fisik, kimia, maupun biologis dari suatu benda atau kedaan tertentu. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang elektronika, muncul alat dan instrumen dalam ilmu pengetahuan yang memudahkan manusia dalam proses pengukuran. Contohnya kapasitor, merupakan salah satu komponen elektronika. Kapasitor memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, tetapi pada dasarnya sama saja tersusun dari dua keping konduktor dan dipisahkan oleh dielektrik. Kemampuan suatu kapasitor dalam menyimpan muatan listrik disebut dengan kapasitansi. Kapasitansi dapat diukur menggunakan alat ukur seperti LCR meter dan multimeter, namun kapasitansi memiliki alat ukur khusus yang dinamakan kapasitansi meter. Nilai kapasitansi suatu bahan sangatlah penting agar kita dapat mengetahui sifat dielektriknya. Bahan dielektrik yang digunakan adalah buah pisang susu. Kapasitansi meter yang dibuat pada penelitian ini memanfaatkan sensor kapasitor, modul mikrokontroler Arduino Uno, Micro SD modul, micro SD dan LCD 2 x 16. Arduino dan kedua modul tersebut dapat dirakit menjadi alat ukur kapasitansi suatu bahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pengukuran kapasitansi dapat digunakan sebagai identifikasi kematangan buah pisang susu. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin matang buah pisang susu, maka nilai kapasitansi akan semakin besar. Melalui pembacaan data pada LCD kapasitansi meter hasil rakitan peneliti menunjukkan nilai kapasitansi buah pisang susu kondisi belum matang 70.078 pF , kondisi matang 234.273 pF dan kondisi sangat matang 339.623 pF.

Published
2019-01-07
How to Cite
RIZZA, Hidriyatur; SUDARTI, Sudarti; HANDONO, Sri. APLIKASI KAPASITANSI METER DISERTAI SISTEM DATA LOGGER BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK UJI TINGKAT KEMATANGAN BUAH PISANG. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-5, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9352>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.