METAFORA ONTOLOGIS BAHASA JAWA AREKAN: STUDI SEMANTIK KOGNITIF DALAM ACARA POJOK KAMPUNG JTV

  • Yoga Yolanda

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap ragam metafora ontologis yang dipakai jurnalis dalam menyajikan berita menggunakan bahasa Jawa Ngoko Dialek Suroboyoan  atau disebut juga sebagai bahasa Jawa Arekan. Metode yang dipakai adalah kualitatif dengan perspektif teori semantik kognitif. Data penelitian ini adalah tuturan metafora ontologis dari siaran berita Pojok Kampung episode 19 November 2018 di stasiun televisi JTV.  Data tersebut dikumpulkan dengan teknik rekam dan teknik simak bebas libat cakap lalu dilanjutkan dengan teknik catat. Melalui penelitian ini diperoleh bahwa metafora ontologis dalam Pojok Kampung dapat dikelompokkan menjadi tiga bentuk konseptualisasi, yakni (1) entitas abstrak sebagai objek fisik, (2) peristiwa sebagai objek fisik, (3) tindakan sebagai objek fisik.


 


Kata kunci: Metafora ontologis, Pojok Kampung, semantik kognitif.

Published
2018-12-02
How to Cite
YOLANDA, Yoga. METAFORA ONTOLOGIS BAHASA JAWA AREKAN: STUDI SEMANTIK KOGNITIF DALAM ACARA POJOK KAMPUNG JTV. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 277-290, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9123>. Date accessed: 27 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.