SASTRA TIMUR JAWA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN SASTRA DI JAWA TIMUR DAN NUSANTARA

  • Akhmad Taufiq

Abstract

Sastra Timur Jawa dengan demikian, seperti yang dinyatakan oleh kurator, ia ingin memberikan penegasan iktikad untuk menangkap dan merefleksikan geliat kebudayaan yang terjadi di bagian timur pulau Jawa.[1] Sebuah geliat kebudayaan yang penting dicatat, tidak sekadar sebagai mozaik sejarah; melainkan sebagai penanda sejarah kebudayaan itu sendiri. Di ujung timur Jawa telah terserak (baca:tersebar) suatu kreativitas dengan kekhasan khasanah kreatif sastranya, yang mampu menempuh jalan kebudayaannya sendiri. Sebuah jalan kebudayaan yang tidak dimaksudkan sebagai sebentuk resistensi; melainkan sebagai bentuk konstruksi identitas bagi khasanah kesastraan yang di(ter-) diamkan.


 


 

Published
2018-12-02
How to Cite
TAUFIQ, Akhmad. SASTRA TIMUR JAWA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN SASTRA DI JAWA TIMUR DAN NUSANTARA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 15-26, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9120>. Date accessed: 22 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.