PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL DALAM PENDIDIKAN BAGI GENERASI MILENEAL
Abstract
Dalam era globalisasi ini, tuntutan perubahan dalam sistem pendidikan merupakan suatu keniscayaan. Pendidikan konvensional yang hanya berjalan berdasarkan pada pengalaman masa lampau tidak akan mampu menjawab tantangan perubahan yang sangat cepat. Pendidikan harus mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi pelajar. Pengalaman tersebut dapat dicapai apabila sistem pembelajaran berorientasi pada kebutuhan pelajar dalam kehidupan bermasyarakat masa kini dan masa depan. Mekanisme pembelajaran harus dapat membangkitkan gairah belajar dan mendorong pelajar untuk mencari, menemukan, dan mempraktikkan pengalaman belajarnya dalam kehidupan nyata. Pembelajaran harus dibangun secara lebih kreatif dan inovatif untuk menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi, kepedulian dalam belajar, dan sikap analitis dan kritis pada diri pelajar sehingga mereka dapat menerima dan menerapkan apa yang telah dipelajarinya. Pelajar akan bertindak secara aktif dan proaktif dalam belajar karena mereka sadar belajar dan tumbuh kemauan untuk memenuhi kebutuhannya (Suyitno, 2016).