PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN MODEL PBL DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DI SMA LUMAJANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap hasil belajar ranah kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi Getaran Harmonis di SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA.2 dan XI IPA.3. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling area. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control group design. Untuk mengkaji hasil belajar ranah kognitif dilakukan uji spss 25 dengan teknik Independent Samples T-test diperoleh signifikasi 1-tailed sebesar 0,0035 yang berarti terdapat pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif. Aktivitas belajar siswa di kaji dengan melakukan uji spss 25 dengan teknik Independent Samples T-test atau Mann Whitney U Test diperoleh signifikasi rata-rata 0,002 yang berarti terdapat pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Model PBL, hasil belajar kognitif, aktivitas belajar siswa