PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN MODEL PBL DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DI SMA LUMAJANG

  • Yunita Indah Sari UNIVERSITAS JEMBER
  • I Ketut Mahardika UNIVERSITAS JEMBER
  • Alex x Alex Harijanto UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap hasil belajar ranah kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi Getaran Harmonis di SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA.2 dan XI IPA.3. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling area. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control group design. Untuk mengkaji hasil belajar ranah kognitif dilakukan uji spss 25 dengan teknik Independent Samples T-test diperoleh signifikasi 1-tailed sebesar 0,0035 yang berarti terdapat pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif. Aktivitas belajar siswa di kaji dengan melakukan uji spss 25 dengan teknik Independent Samples T-test atau Mann Whitney U Test diperoleh signifikasi rata-rata 0,002 yang berarti terdapat pengaruh model PBL disertai LKS berbasis representasi gambar dan matematik terhadap aktivitas belajar siswa. 


Kata Kunci: Model PBL, hasil belajar kognitif, aktivitas belajar siswa

Author Biographies

Yunita Indah Sari, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

I Ketut Mahardika, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Alex x Alex Harijanto, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-08
How to Cite
SARI, Yunita Indah; MAHARDIKA, I Ketut; ALEX HARIJANTO, Alex x. PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN MODEL PBL DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DAN MATEMATIK DI SMA LUMAJANG. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 347-350, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7432>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.