KAJIAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PENGINTEGRASIAN
Abstract
Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, dimana pendidik memberikan bantuan kepada peserta didik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembetukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. IPA adalah kumpulan pengetahuan yang diperoleh dengan metode yang sistematis (metode ilmiah), serta dengan menerapkan sikap ilmiah. Belajar IPA adalah cara ideal untuk mendapatkan kompetensi. Ketrampilan – ketrampilan Fisik,berpikir,sosial, matematika dan berbahasa, sikap – sikap maupun konsep satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan. Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Standards for Science Teacher Preparation merekomendasikan agar guru IPA sekolah dasar dan menengah pertama harus memiliki kecenderungan interdisipliner pada IPA. Untuk merealisasikan pembelajaran IPA yang sesuai pada hakikat IPA salah satunya dengan pendekatan ketrampilan proses dan pendekatan ketrampilan terpadu proses IPA. Pembelajaran IPA disajikan berbasis pendekatan pemecahan dan langsung menempatkan salah satu ide pokok yang mengandung pemecahan masalah dalam penyajiannya, Pembelajaran disajikan dengan kesatuan konsep.
Kata Kunci : Pembelaajaran IPA, Pembelajran Integrated, Sains Terintegrasi