PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS

  • Rizki Fitria Setyaningtyas Universitas Sebelas Maret
  • Sarwanto Sarwanto Universitas Sebelas Maret
  • Baskoro Adi Prayitno Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pentingnya literasi sains berhubungan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan menggunakan pengetahuan serta proses sains dalam memahami suatu fenomena sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Literasi sains dapat diberdayakan menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan modul sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan modul IPA berbasis guided discovery pada tema pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall, teknik analisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan skor kriteria, sedangkan uji coba lapangan menggunakan pre eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian pengembangan modul IPA berbasis guided discovery  memenuhi kriteria layak digunakan dalam pembelajaran dari hasil validasi dengan kategori sangat baik, implementasi modul IPA berbasis guided discovery efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan uji operasional di SMP dengan perolehan gains skor sebesar 0,56 pada kategori sedang.


Kata Kunci: guided discovery, literasi sains, pemanasan global

Author Biographies

Rizki Fitria Setyaningtyas, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP

Sarwanto Sarwanto, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP

Baskoro Adi Prayitno, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP

Published
2018-04-08
How to Cite
SETYANINGTYAS, Rizki Fitria; SARWANTO, Sarwanto; PRAYITNO, Baskoro Adi. PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 328-334, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7429>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.