PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DISERTAI NILAI ISLAM TEMA ANTASIDA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) mengembangkan modul IPA Terpadu berbasis Inkuiri Terbimbing disertai nilai Islam, 2) mengetahui kelayakan produk, dan 3) keefektifan produk ditinjau dari hasil belajar dan ketrerampilan proses sains. Produk ini dikembangkan untuk menunjang pembelajaran IPA untuk SMP/MTs kelas VII.Model yang digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan modul IPA Terpadu adalah model pengembangan oleh Borg and Gall yang direduksi menjadi 9 tahap yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut : 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji lapangan awal, 5) revisi produk awal, 6) uji lapangan utama, 7) revisi produk utama, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produksi operasionalHasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing disertai nilai Islam tema antasida berhasil dikembangkan. 2) kelayakan produk ditinjau dari aspek mateeri, kegrafikan, kebahasaan dan sintaks inkuiri terbimbing rata-rata memiliki kriteria sangat baik. 3) produk ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari rerata nilai antara kelas pengguna produk lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 62 dan 58.
Kata Kunci: Modul IPA Terpadu, Inkuiri terbimbing , Nilai Islam