PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEMA YOGHURT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

  • Prihantomo Prihantomo Universitas Sebelas Maret
  • Sarwanto Sarwanto Universitas Sebelas Maret
  • Puguh Puguh Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik modul IPA terpadu berbasis PBL tema yoghurt, (2) kelayakan modul IPA terpadu berbasis PBL tema yoghurt, (3) efektivitas modul IPA terpadu berbasis PBL tema yoghurt, terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 tahapan, meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) penyebaran produk. Prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan tersebut dimodifikasi pada jumlah subjek ujicoba. Uji efektivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan desain non-equivalent control group, yang di analisis menggunakan software SPSS dengan jenis uji Mann Whitney Test untuk keterampilan proses sains dan hasil belajar sikap, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan  Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik modul yang dikembangkan adalah konten IPA dipadukan dengan tipe connected, adanya tahapan problem based learning pada modul yang disusun sesuai Kurikulum 2013. (2) Modul dinyatakan layak digunakan ditinjau dari aspek isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan, dengan perolehan skor modul siswa 3,50 (sangat baik) dan skor modul guru adalah 3,51 (sangat baik). (3) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning dengan Tema Yoghurt efektif digunakan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar  Siswa SMP Kelas VII SMPN 1 Miri.


Kata Kunci: modul, problem based learning, yoghurt, hasil belajar

Published
2018-04-07
How to Cite
PRIHANTOMO, Prihantomo; SARWANTO, Sarwanto; PUGUH, Puguh. PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEMA YOGHURT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 312-319, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7426>. Date accessed: 22 dec. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.