PENGARUH SPS WORKSHEET TERHADAP KPS DASAR PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMAN 3 JEMBER
Abstract
Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang terdiri dari proses dan produk. Untuk memperoleh pengetahuan tersebut dibutuhkan suatu keterampilan yang disebut keterampilan proses sains (KPS). Berbagai media, metode serta model pembelajaran digunakan untuk meningkatan KPS siswa, khususnya KPS dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan KPS dasar antara kelas eksperimen (inkuiri terbimbing disertai science process skills/SPS worksheet) dengan kelas kontrol (inkuiri terbimbing dengan LKS percobaan). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain eksperimen berupa test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test untuk mengetahui perbandingan KPS dasar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dalam eksperimen terdapat tiga kali percobaan pada masing-masing kelas, yakni percobaan Hukum I Newton, Hukum 2 Newton dan Hukum 3 Newton. Kemudian diakhir pembelajaran dilakukan tes keterampilan proses sains (KPS) dasar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbandingan KPS dasar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05.
Kata Kunci: KPS dasar, SPS worksheet, inkuiri terbimbing