ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH BERDASARKAN POLYA PADA SISWA KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 4 JEMBER
Abstract
Penelitian ini menganalisis kemampuan siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Jember dalam menyelesaikan masalah pada materi Rangkaian Arus Searah berdasarkan Polya dan termasuk dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi Rangkaian Arus Searah berdasarkan Polya. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Jember. Instrumen yang digunakan ialah soal tes dari soal Ujian Nasional pada tahun sebelum penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian sebanyak 6 nomor. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan dalam memahami soal diperoleh adalah 99,76 % yang dalam kualifikasi kemampuan pemecahan masalah sangat baik. Kemampuan dalam menggunakan rumus fisika diperoleh adalah 94,05 % yang dalam kualifikasi kemampuan pemecahan masalah sangat baik. Kemampuan dalam menyelesaikan langkah–langkah penyelesaian diperoleh adalah 96,67 % yang dalam kualifikasi kemampuan pemecahan masalah sangat baik. Kemampuan dalam menentukan kesimpulan dan perhitungan diperoleh adalah 65,83 % yang dalam kualifikasi kemampuan pemecahan masalah cukup.
Kata kunci: analisis, kemampuan pemecahan masalah, rangkaian arus searah, polya