PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CONCEPT MAPPING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER

  • Siti Afiqah Raziqiyah UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan suatu produk bahan ajar yang valid berupa handout fisika berbasis concept mapping, yaitu suatu bahan ajar cetak yang sangat ringkas, tersusun secara sistematis dan memuat pemetaan-pemetaan konsep yang saling berhubungan dan dihubungkan dalam bentuk peta konsep (concept mapping). Penelitian pengembangan ini mengacu pada desain pengembangan Tjeerd Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu: fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi/konstruksi; fase tes, evaluasi, dan revisi; dan  fase implementasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji validitas handout fisika berbasis concept mapping pada materi usaha dan energi yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Validitas yang digunakan adalah validitas logis dengan dua validator ahli. Terdapat 6 aspek yang akan dinilai dalam lembar validitas yaitu, aspek pendekatan penulisan, aspek kebenaran konsep, aspek kedalaman materi, aspek keluasan konsep, aspek keterlaksanaan, aspek kebahasaan, dan aspek tampilan menyeluruh.


Kata Kunci: Bahan ajar, handout fisika berbasis concept mapping, penguasaan konsep

Published
2018-04-07
How to Cite
RAZIQIYAH, Siti Afiqah; PRIHANDONO, Trapsilo; MARYANI, Maryani. PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CONCEPT MAPPING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 253-258, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7417>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.