PRAKONSEPSI SISWA SMK TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Yuni Nurrahmawati UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prakonsepsi yang dimiliki siswa kelas X salah satu SMK Negeri di Jember tentang rangkaian listrik sederhana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas X salah satu SMK Negeri di Jember. Sampel penelitian sejumlah 59 siswa jurusan kelistrikan. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dimana tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes diagnostik dua tahap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa prakonsepsi siswa SMK Negeri di Jember sebagai berikut: Siswa yang memiliki rata-rata presentase prakonsepsi benar tertinggi sebanyak 33,90 % yaitu pada konsep arus listrik pada rangkaian paralel. Siswa yang memiliki memiliki rata-rata presentase prakonsepsi bersifat miskonsepsi tertinggi sebanyak 73,73% yaitu pada konsep komponen untuk membentuk koneksi. Siswa yang memiliki rata-rata persentase prakonsepsi tertinggi adalah yang tertinggi diantara 81,36% yaitu pada konsep kawat penghantar pada rangkaian listrik. Siswa yang memiliki rata-rata  presentase kesalahan prakonsepsi lebih dari 50% adalah  sebagai berikut berada pada konsep komponen untuk membentuk koneksi, konsep arus listrik pada rangkaian seri, konsep arus listrik pada rangkaian seri dan rangkaian paralel, dan konsep rangkaian listrik.


Kata Kunci: Diagnostik, Prekonsepsi, Sirkuit Listrik Sederhana

Published
2018-04-07
How to Cite
NURRAHMAWATI, Yuni; SUPENO, Supeno; PRIHANDONO, Trapsilo. PRAKONSEPSI SISWA SMK TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 241-246, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7411>. Date accessed: 14 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.