ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMK PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK

  • Tami Beniarti UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Miskonsepsi adalah kesalahan penafsiran konsep yang tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh para ilmuwan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi, mengetahui letak miskonsepsi pada soal tes diagnostik dan besar persentase miskonsepsi yang dialami oleh siswa SMK pada materi listrik dinamis pokok bahasan rangkaian listrik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi dilakukan menggunakan teknik purposive sampling pada siswa SMK di Jember Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah tiga kelas. Wawancara ditujukan kepada guru mata pelajaran fisika dan dilakukan dengan pemilihan sampel siswa yang mengalami miskonsepsi. Instrumen tes yang digunakan adalah kumpulan soal yang diadopsi dari jurnal penelitian sebelumnya serta beberapa soal tes DIRECT yang disesuaikan dengan syarat konsep dianggap miskonsepsi dengan jumlah 15 butir soal berdasarkan tes diagnostik four tier test. Tes diagostik ini memiliki empat tingkatan yang terdiri dari tingkat pertama yaitu pilihan jawaban, tingkat kedua merupakan tingkat keyakinan jawaban pada tingkat pertama, tingkat ketiga merupakan alasan jawaban dari tingkat pertama, dan tingkat keempat merupakan tingkat keyakinan alasan jawaban pada tingkat ketiga. Dari hasil tes kemudian dapat dikelompokkan siswa yang paham, tidak paham dan miskonsepsi.


Kata kunci: Miskonsepsi, rangkaian listrik, four tier test

Published
2018-04-07
How to Cite
BENIARTI, Tami; PRIHANDONO, Trapsilo; SUPENO, Supeno. ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMK PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 220-225, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7401>. Date accessed: 14 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.