PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS DISCOVERY DENGAN TEMA ES TELER UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Mengembangkan modul IPA terpadu berbasis discovery tema es teler; (2) Mengetahui kelayakan modul Pembelajaran IPA terpadu discovery pada tema es teler kelas VII; (3) Mengetahui efektivitas dari modul pembelajaran IPA terpadu berbasis discovery pada tema es teler terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sumberlawang.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan. Penilaian modul dilaksanakan 6 tahap yaitu validasi ahli materi dan kegrafikan, validasi guru, validasi sejawat, uji coba kecil dilaksanakan pada 8 siswa, uji coba diperluas dilaksanakan 31 siswa SMP N 3 Satu Atap Sumberlawang dan penyebaran modul pada guru IPA SMP. Data hasil penelitian berupa nilai validasi modul oleh ahli, guru dan sejawat, respon keterbacaan siswa, nilai tes prestasi, respon siswa, dan respon guru.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) prosedur pengembangan modul IPA berbasis discovery menggunakan model 4-D dari Thiagarajan mencakup define, design, develop dan disseminate; dengan modifikasi pada tahap disseminate dilakukan dengan cara sosialisasi modul kepada guru; (2) modul IPA terpadu SMP berbasis discoverypada tema es teler yang dikembangkan memiliki kelayakan dengan kategori sangat baik yang mencakup aspek isi, bahasa, penyajian, kegrafikan dan kesesuaian dengan discovery. Hasil validasi yaitu validasi ahli rata-rata 3,43, validasi guru rata-rata 3,52, validasi teman sejawat rata-rata 3,48, uji coba skala kecil rata-rata 3,50, uji coba besar rata-rata 3,60, respon guru SMP rata-rata 3,58; (3) modul produk pengembangan efektif untuk menaikkan rerata hasil belajar dari skor rata-rata pretest 50,66 menjadi postest 71,90 serta ketuntasan belajar siswa mencapai 77%.
Kata kunci: modul, discovery, es teler