ANALISIS EFEKTIVITAS LABORATORIUM FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM 2013

  • Laila Qonita Ekosari UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER
  • Albertus Djoko Lesmono UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaaan laboratorium fisika dalam
menunjang proses pembelajaran fisika SMA sesuai Kurikulum 2013 SMA di Tulungagung. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan
metode angket. Adapun latar belakang penelitian ini adalah tuntutan Kurikulum 2013 yang
menekankan pada pembelajaran fisika dengan kegiatan praktik untuk mengembangkan sikap,
keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam membangun kemampuan siswa. Dalam
kegiatan pembelajaran praktik di sekolah dapat dilakukan di dalam laboratorium. Berdasarkan hasil
review beberapa penelitian tentang laboratorium didapatkan bahwa efektivitas penggunaan
laboratorium fisika yang ada di beberapa sekolah masih banyak yang belum efektif. Hal tersebut
dikarenakan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang sesuai ataupun karena penggunaan
laboratorium dalam kegiatan praktikum yang rendah.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Fisika, Efektivitas Penggunaan Laboratorium

Published
2018-04-06
How to Cite
EKOSARI, Laila Qonita; PRIHANDONO, Trapsilo; LESMONO, Albertus Djoko. ANALISIS EFEKTIVITAS LABORATORIUM FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM 2013. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 173-177, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7392>. Date accessed: 22 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.