ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL UN FISIKA SMA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DAN RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK

  • Salskhul Haulah UNIVERSITAS JEMBER
  • Bambang Supriadi UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan, mengetahui letak kesalahan,
dan besar persentase jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal-soal
UN pada materi listrik dinamis dan rangkaian arus bolak-balik. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Observasi, tes dan
dokumentasi dilakukan menggunakan teknik purpossive sampling pada siswa kelas XII IPA SMA di
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Wawancara dilakukan dengan
pemilihan sampel siswa menggunakan teknik snowball sampling. Instrumen tes yang digunakan
adalah soal tes dari soal Ujian Nasional pada tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 4 butir soal
dengan berdasarkan terhadap empat indikator penyelesaian masalah menurut polya yaitu memahami
masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan memriksa
kembali. Dari hasil tes menggunakan tahapan penyelesaian masalah menurut polya tersebut kemudian
dapat diketahui jenis-jenis kesalahan seperti kesalahan terjemahan yang berupa kesalahan dalam
menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kesalahan strategi yang berupa kesalahan
dalam menentukan rumus-rumus fisika dan penentuan langkah yang diguanakan untuk menyelesaikan
masalah, dan kesalahan hitung yang berupa kesalahan dalam melakukan operasi hitung saat
penyelesaian masalah.
Kata kunci: analisis kesalahan, tahapan polya, soal UN, listrik dinamis dan rangkaian arus bolak
balik

Published
2018-04-06
How to Cite
HAULAH, Salskhul; SUPRIADI, Bambang; MARYANI, Maryani. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL UN FISIKA SMA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DAN RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 154-157, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7388>. Date accessed: 22 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.