KEMAMPUAN MEMBERIKAN PENJELASAN ILMIAH SISWA SMA TENTANG OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Kemampuan untuk memberikan penjelasan ilmiah terhadap fenomena alam berbeda pada setiap
orang. Menjelaskan secara ilmiah merupakan cara menjawab pertanyaan mengenai sebab atau
memberikan alasan terjadinya suatu fenomena secara ilmiah. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana kemampuan memberikan penjelasan ilmiah tentang peristiwa pemantulan dan
pembiasan cahaya pada siswa SMA?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
dengan responden penelitian sebanyak 35 siswa pada kelas XI MIPA di SMA. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa memberikan penjelasan ilmiah termasuk dalam kriteria cukup dengan rata-rata
nilai 69,02.
Kata kunci: penjelasan ilmiah, optik, pemantulan, pembiasan
Published
2018-04-06
How to Cite
KURNIANINGRUM, Annisa Maya; SUPENO, Supeno; PRIHANDONO, Trapsilo.
KEMAMPUAN MEMBERIKAN PENJELASAN ILMIAH SISWA SMA TENTANG OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA.
FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 149-153, apr. 2018.
ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7387>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles