ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, MATEMATIKA, GAMBAR DAN GRAFIK (R-VMGG) SISWA SMAN PASIRIAN PADA MATERI TERMODINAMIKA
Abstract
Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena yang terjadi di alam semesta. Kurikulum
2013 adalah kurikulum yang berintegrasi, maksud dari kurikulum berintegrasi yaitu terdapat proses
yang harus dikuasai siswa antara lain skill, themes, concept dan topic Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kemampuan representasi verbal, matematika, gambar dan grafik siswa. Responden
dalam penelitian ini adalah menggunakkan 1 sekolah yaitu siswa kelas XI SMAN PASIRIAN. Subjek
dari penelitian menggunakan purposive sampling area . Metode pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan
adalah soal-soal Ujian Nasional dan soal SBMPTN pada tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 5
soal dimana 1 soal mengandung 4 pertanyaan yang mengandung 4 representasi yaitu verbal,
matematik, gambar, dan grafik. Hasil dari test tersebut adalah berupa data kemampuan representasi
verbal , matematik, gambar dan grafik dan pengklasifikasian kategori kemampuan siswa dalam bentuk
persentase. Kategori kemampuan representasi terbagi 4 kelompok yaitu sangat baik, baik, cukup,
kurang dan sangat kurang. Dari data yang di diperoleh bahwa kemampuan representasi baik
representasi verbal, matematik, gambar dan grafik masih dibawah 22 persen. Hal tersebut dapat di
simpulkan bahwa kemampuan representasi siswa baik representasi verbal, matematika, gambar dan
grafik kurang bahkan sangat kurang
Kata kunci: Konsep Fisika, Kemampuan multirepresentasi, Termodinamika