ANALISIS PENGUASAAN KONSEP TEORI KINETIK GAS MENGGUNAKAN TAKSONOMI SOLO PADA SISWA SMAN 1 JEMBER
Abstract
Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa dalam memahami makna secara ilmiah baik teori
maupun penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penguasan
konsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dengan instrumen soal uraian
yang terdiri dari 8 butir soal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase penguasaan
konsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi SOLO pada siswa SMAN 1 Jember adalah 24%
siswa berada pada level prastruktural, 8% siswa berada pada level unistruktural, 14% siswa berada
pada level multistruktural, 32% siswa berada pada level relasional, dan 22% siswa berada pada level
abstrak diperluas. Hasil tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu faktor dari dalam, proses
pembelajaran, pengalaman dan latihan siswa. Hasil penelitian tersebut memberikan dampak terhadap
perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran fisika.
Kata kunci: kalor Penguasaan konsep, teori kinetik gas, dan taksonomi SOLO