ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA JEMBER

  • Tri Asih Wulandari UNIVERSITAS JEMBER
  • Trapsilo Prihandono UNIVERSITAS JEMBER
  • Maryani Maryani UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Suhu dan kalor merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA.
Miskonsepsi merupakan suatu konsepsi yang melekat dengan kuat dan stabil dibenak siswa yang
sebenarnya menyimpang dari konsepsi yang dikemukakan para ahli, yang dapat menyesatkan para
siswa dalam memahami fenomena alamiah dan melakukan eksplanasi ilmiah. Miskonsepsi tersebut
akan mengakibatkan siswa mengalami kesalahan yang berulang untuk konsep pada tingkat berikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di kelas
XI SMA. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes diagnostik yang berbentuk pilihan
ganda dengan empat alternatif jawaban, alasan terbuka, disertai tingkat keyakinan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada pemahaman materi suhu dan kalor yaitu sebesar 43%.
Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep yang terkait hubungan antara suhu
dengan kalor perubahan wujud zat.
Kata kunci: Miskonsepsi, tes diagnostik, suhu dan kalor

Published
2018-04-06
How to Cite
WULANDARI, Tri Asih; PRIHANDONO, Trapsilo; MARYANI, Maryani. ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 135-139, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7384>. Date accessed: 22 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.