KEMAMPUAN MENYELESAIKAN ILL STRUCTURED PROBLEM SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika adalah mengintensifkan pengembangan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah adalah aktivitas
kognitif kompleks dalam rangka menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah. Dengan
mengetahui kemampuan menyelesaikan masalah maka peserta didik bisa intropeksi diri dan memiliki
motivasi untuk berubah menjadi lebih baik. Bagi guru, dengan mengetahui kemampuan menyelesaikan
masalah dapat dijadikan referensi untuk mengetahui strategi, model, metode, pendekatan, teknik, dan
evaluasi yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah sehingga perlu adanya
identifikasi kemampuan menyelesaikan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah tes dan wawancara. Instrument tes yang digunakan adalah tes berbentuk soal ill structured.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan ill structured problem pada
indikator mengenali masalah hanya 22.56% mampu mengenali masalah dengan baik, pada indikator
renencanakan startegi hanya 29.88% pada kategori sangat baik, pada indikator menerapkan strategi hanya
6.1% siswa pada kategori sangat baik dan lebih dari 75% siswa pada kategori cukup, kurang bahkan
sangat kurang, serta pada indikator evaluasi hanya 31% siswa yang mampu melakukan evaluasi dengan
sangat baik.
Kata kunci: Fisika, hukum Newton, kemampuan problem solving