PENGEMBANGAN MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS ELEKTRONIK DI SMA
Abstract
Fisika merupakan suatu proses tentang pengkajian gejala alam. Seiring dengan perkembangan
ilmu teknologi dalam bidang pendsidikan, maka proses pembelajaran telah bergeser pada
perwujudan pembelajaran modern. Berdasarkan hasil wawancara di SMA N Balung, peserta didik
cenderung lebih menyukai penggunaan teknologi seperti laptop dalam proses belajar dan
memahami konsep. Materi Usaha dan Energi merupakan salah satu materi yang banyak ditemui
dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan kemandirian peserta didik dalam belajar, perlu
adanya suatu pengembangan modul pembelajaran yang kontekstual (contextual teaching and
learning) berbasis media elektronik yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep
pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan
mengetahui validitas, efektifitas, dan mengetahui respon siswa dalam menggunakan modul usaha
dan energi berbasis elektronik. Penelitian dilakukan di SMA N Balung pada siswa kelas X
semester genap tahun ajaran 2017/2018. Modul berisi materi usaha dan energi yang dikemas
dalam modul elektronik. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dikembangkan
oleh Thiagrajan yaitu : define (tahap pendefinisian), design (tahap perencanaan), develop (tahap
pengembangan), disseminate (tahap penyebaran). Validitas diukur menggunakan lembar validasi
oleh dosen dan guru, efektifitas modul diukur berdasarkan hasil pree test dan post test, respon
siswa diukur menggunakan angket.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Usaha dan Energi, 4D.