PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU SMP / MTs KELAS VIII BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA MAKANAN DAN KESEHATAN TUBUH

  • Asmuri Asmuri UNS
  • Sarwanto Sarwanto UNS
  • M Masykuri UNS

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan efektifitas penggunaan modul
IPA berbasis Science, Environtment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis pada tema makanan dan kesehatan tubuh. Pada penelitian
pengembangan ini menggunakan Model R & D model siklus 4-D yang dikemukakan oleh
Thiagarajan dengan langkah-langkahnya yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination.
Penelitian diawali dengan studi pustaka dan observasi lapangan selanjutnya menyusun draft -1
modul. Draft-1 modul divalidasi oleh ahli materi dan teman sejawat kemudian direvisi menjadi
draft-2. Selanjutnya diujicobakan secara terbatas dan direvisi menjadi draft-3. Draft-3 modul
diujicobakan pada kelompok besar. Uji coba kelompok besar diawali dengan pretest dan setelah
dilakukan pembelajaran menggunakan modul kemudian diakhiri dengan postest. Materi modul
yaitu makanan dan kesehatan tubuh VIII SMP. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Instrumen
yang digunakan angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis penelitian yang digunakan
adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes
kemampuan berpikir peningkatan N-Gain. Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan
bahwa: 1) Karakteristik pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis SETS yaitu modul
mengandung serentetan pertanyaan, materi, evaluasi, dan uji kompetensi yang dilengkapi gambar,
2) Modul IPA Terpadu berbasis SETS tema makanan dan kesehatan tubuh memenuhi kriteria
sangat baik pada aspek materi. Hal ini ditunjukkan pada kesesuaian materi dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar, kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, kemudahan
materi dipahami oleh siswa, 3) modul IPA Terpadu berbasis SETS efektif digunakan sebagai bahan
ajar baru, efektivitas modul didasarkan atas hasil perhitungan N-gain yang ditinjau dari kenaikan
hasil tes kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,6 yang dikategorikan "sedang".
Kata kunci: Modul IPA Terpadu, SETS, Kemampuan Berpikir Kritis

Author Biographies

Asmuri Asmuri, UNS

Program Studi Magister Pendidikan Sains , PPs

Sarwanto Sarwanto, UNS

Program Studi Magister Pendidikan Sains , PPs

M Masykuri, UNS

Program Studi Magister Pendidikan Sains , PPs

Published
2018-04-06
How to Cite
ASMURI, Asmuri; SARWANTO, Sarwanto; MASYKURI, M. PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU SMP / MTs KELAS VIII BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA MAKANAN DAN KESEHATAN TUBUH. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 73-80, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7375>. Date accessed: 04 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.