PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE

  • Anggi Riesta Valentina UNIVERSITAS JEMBER
  • I Ketut Mahardika UNIVERSITAS JEMBER
  • Agus Abdul Gani UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing disertai media pictorial riddle dalam pembelajaran fisika pada siswa kelas XI P3 SMA
Negeri Mumbulsari Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain siklus Kurt Lewin. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik
analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Data hasil
belajar kognitif siswa diperoleh dari tes yang dilakukan di akhir pembelajaran (post test). Peningkatan
hasil belajar kognitif siswa pada tiap-tiap siklus diperoleh melalui perhitungan N-gain. Rata-rata nilai
hasil belajar kognitif pra siklus adalah 45,74. Skor rata-rata hasil belajar kognitif siklus 1 meningkat
menjadi 59,68 dengan nilai N-gain 0,26 yang termasuk dalam kategori rendah. Pada siklus 2 rata-rata
hasil belajar kognitif meningkat menjadi 69,58 dengan nilai N-gain 0,43 dalam kategori sedang. Pada
siklus 3 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dengan nilai N-gain 0,58 yang termasuk kategori
sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media pictorial riddle dalam
pembelajaran fisika pada siswa kelas XI P3 SMA Negeri Mumbulsari Jember.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, pictorial riddle, hasil belajar kognitif

Author Biographies

Anggi Riesta Valentina, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

I Ketut Mahardika, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP 

Agus Abdul Gani, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP 

Published
2018-04-06
How to Cite
VALENTINA, Anggi Riesta; MAHARDIKA, I Ketut; GANI, Agus Abdul. PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7373>. Date accessed: 22 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.