ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOGNITIF SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH SECARA KOLABORATIF
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara
kolaboratif. Untuk itu perlu dilakukan tes dan penilaian evaluasi terhadap keterampilan siswa dalam
memecahkan masalah menggunakan uji dua tahap, serta alat penilaian keterampilan sosial.
Keterampilan diukur tidak hanya dilihat dari kognitif saja, melainkan dilihat dari bagaimana siswa
memanajemen berbagai ide solusi dari anggota kelompok untuk dipadu-padankan sehingga dapat
digunakan dalam pemecahan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling pada siswa kelas X IPA salah satu SMA Negeri di Kabupaten Jember
Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang berisi permasalahan fisika
dan instrumen penilaian keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan
tes dan observasi kepada siswa kelas X IPA dengan tes pemecahan masalah secara kolaboratif,
observasi dilakukan selama siswa berkolaborasi.
Kata kunci: Keterampilan kognitif, keterampilan sosial, pemecahan masalah secara kolaboratif