LEMBAR KERJA SISWA SCIENTIFIC EXPLANATION UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PENJELASAN ILMIAH SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Mag’izah Werty Rochita Muliardi UNIVERSITAS JEMBER
  • Supeno Supeno UNIVERSITAS JEMBER
  • Singgih Bektiarso UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Scientific explanation merupakan merupakan kemampuan dalam menjelaskan ilmiah berdasarkan
bukti yang ada melalui suatu tanggapan tertulis atau lisan terhadap pertanyaan yang mengharuskan
siswa untuk menganalisis data dan menafsirkan data berkenaan dengan pengetahuan ilmiah.
Pembelajaran dengan membimbing pemahaman siswa dalam kemampuan penjelasan ilmiah menjadi
kunci utama dalam pendidikan sains sebab siswa mampu berfikir kritis dalam memahami konsep dan
membangun pengetahuan baru dengan mempelajari hubungan antara ide atau bukti yang dikumpulkan
berdasarkan kenyataan. Maka dari itu, perlu dikembangkan LKS untuk membelajarkan fisika dan
scientific explanation Lembar kerja siswa scientific explanation menyajikan permasalahan dengan
penyelesaian yang mengacu pada komponen-komponen scientific explanation. Permasalahan pada
lembar kerja siswa scientific explanation dengan memberikan dua pendapat yang saling bertentangan
dan penyelesaiannya dengan melibatkan jawaban awal (claim), didukung bukti (evidence), dan
dibenarkan oleh penalaran (reasoning) yang menjelaskan bagaimana bukti mendukung jawaban awal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa scientific explanation untuk melatihkan
kemampuan penjelasan ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika di SMA yang dikembangkan
mendapatkan nilai validasi sebesar 4,16 dengan kategori valid.
Kata kunci: Lembar kerja siswa, scientific explanation, penjelasan ilmiah, validasi

Author Biographies

Mag’izah Werty Rochita Muliardi, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Supeno Supeno, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Singgih Bektiarso, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-06
How to Cite
MULIARDI, Mag’izah Werty Rochita; SUPENO, Supeno; BEKTIARSO, Singgih. LEMBAR KERJA SISWA SCIENTIFIC EXPLANATION UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PENJELASAN ILMIAH SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-38, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7366>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.