ANALISIS PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN TAKSONOMI ANDERSON MATERI LISTRIK STATIS DI SMA KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Standar Nasional Pendidikan, pembelajaran fisika harus dikonstruksi sedemikian rupa sehingga proses
pembelajarannya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan umum pembelajaran fisika yang
menekannkan pada penguasaan konsep agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa menggunakan
Taksonomi Andersone materi listrik Statis Kelas XII di SMA yang ada di Kabupaten Banyuwangi.
Salah satu permasalahan yang dihadapi sebagian siswa menganggap pelajaran fisika dianggap sulit
karena memerlukan daya penalaran yang lebih tinggi dan penguasaan konsep matematika sebagai alat
bantu dalam memecahkan soal fisika, sehingga menjadikan siswa tidak tertarik untuk mempelajarinya.
Butir soal terdiri dari 10 soal pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian menunjukkan 68% penguasaan
konsep SMAN 1 Genteng dikategorikan Cukup, sedangkan penguasaan konsep SMAN 1 Glenmore
63% termasuk kategori Cukup, dan 58% penguasaan konsep SMAN 1 Muncar berkategori kurang.
Kata kunci : Penguasaan konsep, Listrik statis, Taksonomi Anderson