PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL POE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan model POE (Predict,
Observe, Explain) yang layak untuk pembelajaran di SMA dan (2) mendeskripsikan peningkatan
keterampilan proses fisika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran
fisika dengan model POE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Model. Pada
tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran kalor. Pada tahap Design, merancangan produk
perangkat pembelajaran yang selanjutnya produk tersebut di konsultasikan dengan ahli untuk
divalidasi. Pada tahap Develop, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan uji terbatas
dan uji lapangan. Pada tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil
pengembangan. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah Imogiri dengan subjek penelitian siswa
kelas X MIPA 1 berjumlah 32 orang. Instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS sedangkan
instrumen pengambilan data berupa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) perangkat pembelajaran fisika berbasis POE (Predict,Observe,Explain) dinyatakan layak
digunakan. Instrumen RPP dan LKS dinyatakan layak dengan kategori baik. Instrumen penilaian hasil
belajar kognitif dinyatakan valid dan reliabel. Instrumen penilaian keterampilan proses sains dan
instrumen tes memiliki kategori sangat baik, (2) peningkatan keterampilan proses fisika siswa yaitu
mengamati, klasifikasi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, melakukan
percobaan, menggunakan alat, berkomunikasi masing-masing sebesar, 87,4%, 76,1%, 80,3%, 72,7%,
75,0%, 87,4%, 96,9%, 89,1%, 85,6%.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model POE, Keterampilan Proses Fisika